Kehidupan SMA di Italia

Sekolah Menengah Atas di Italia? Pasti banyak yang bertanya, bagaimana kehidupan sekolah di Italia.

Pendidikan terdiri dari 13 tahun (di Indonesia 12 tahun), yakni 5 tahun SD, 3 tahun SMP dan 5 tahun SMA.

Tahun ajaran berbeda dengan tahun ajaran di Indonesia. Di sini terdiri dari 2 x 4 bulan, yang artinya 8 bulan dalam setahun. Sisa 4 bulan lainnya merupakan libur musim panas 3 bulan dan Natal dan Paskah 1 bulan! Liburan tersebut termasuk panjang untuk ukuran Indonesia.

Tahun ajaran baru dimulai September (4 bulan pertama) dan diakhiri dengan liburan Natal selama 2 minggu. Di bulan Januari, dimulai 4 bulan kedua diselingi liburan Paskah pada bulan April selama 2 minggu. Setelah liburan Paskah, masuk sekolah dan berakhir pada minggu pertama Juni. Dan setelah Juni, libur sampai pertengahan September, selama musim panas selama lebih dari 3 bulan!! :O

Sekolah tidak menggunakan seragam. Siswi-siswi biasanya berangkat ke sekolah dengan naik sepeda atau berjalan kaki, tidak ada yang menggunakan sepeda motor, apalagi mobil. Selama 8 bulan tersebut, hampir tidak pernah ada jam kosong, saking tertibnya pengaturan jadwal belajar, dan kalaupun jam kosong, ada guru lain yang mengisi jam pelajaran tersebut. Prinsipnya, menggunakan waktu dengan baik. Tidak heran, sekolah Italia mampu melakukan kegiatan belajar hanya dalam 8 bulan setahun, berbeda dengan sekolah Indonesia yang menggunakan waktu selama hampir 11 bulan setahun (meski ada bulan Ramadhan, namun terkadang pada bulan Ramadhan siswi tetap ke sekolah).

Ini foto sekolah saya di Italia :
Cesena

Advertisements

20 Comments (+add yours?)

  1. Citra W. Hapsari
    Jun 07, 2011 @ 06:53:44

    berapa lama jam aktif disekolah? wah, kaya amerika dan negara barat lainnya y

  2. Radhea
    Jun 07, 2011 @ 07:06:03

    Sekolah dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang πŸ™‚

  3. Citra W. Hapsari
    Jun 07, 2011 @ 07:12:32

    wah,cepet bgtt :mrgreen:

  4. lathatytula
    Jun 14, 2011 @ 08:47:55

    kamu di sma mana dhe skolahnya?
    skrg dah balik ke bjb blm?
    hehe.

  5. Radhea
    Jun 14, 2011 @ 08:50:24

    Di SMA jurusan IPA A. Righi, Cesena. Belum, Lia, masih sebulan lagi :p

  6. egi john
    Nov 01, 2011 @ 20:16:39

    hy mba bole tanya2 gk tentang kehidupan di italy, pliiss mbak… πŸ™‚

  7. Susi
    Nov 03, 2011 @ 06:50:55

    Bagaimana kalau anak yang baru masuk SMA dan belum bisa berbahasa Italy, Serta bisa tidk informasi ttg SD disana, karena anak saya mau masuk SD kelas 6

  8. Susi
    Nov 03, 2011 @ 06:52:51

    Ohya, ada tidak sekolah Indonesia di Milan – Italy?

  9. Radhea
    Nov 04, 2011 @ 11:51:50

    @Egi : Boleh, mau tanya apa?

  10. Radhea
    Nov 04, 2011 @ 11:57:26

    @ Mbak Susi : Untuk informasi sekolah Indonesia di Italia, saya tidak bisa memberikan informasi Mbak, mungkin Mbak bisa tanya ke KBRI Roma. Tentang Sekolah Dasar di Italia, hampir semuanya menggunakan Bahasa Italia sebagai bahasa pendidikan sana. Kalau Mbak dan keluarga tinggal untuk menetap dalam jangka waktu lama (sampai anak Mbak lulus SMA bahkan kuliah), Bahasa Italia sudah tentu barang wajib untuk dipelajari dan ada baiknya (menurut saya) anak Mbak masuk SD Negeri di sana saja. Tapi kalau hanya untuk jangka pendek, mungkin lebih baik sekolah internasional saja. Maaf Mbak tidak bisa membantu banyak.

  11. ADBieber
    Jan 30, 2012 @ 08:01:12

    Itu sekolah namanya apa ?

  12. Grace
    Feb 10, 2012 @ 17:35:18

    Aku mau tanya2 tentang kehidupan di itali nih hehe
    April nanti aku lulus SMA, dan aku akan kuliah di italia. kira2 untuk biaya hidup disana per bulannya berkisar brp ya? Oya km tinggal di kota mana nya?

  13. Radhea
    Feb 15, 2012 @ 04:49:23

    @ADBieber : Liceo Scientifico Statatle A. Righi

    @Grace : Sama, dong, aku juga (semoga) lulus SMA juga April nanti. Kuliah di kota mana di Italia? Biaya hidup tergantung gaya hidup sebenarnya, tapi sebagai bayangan, satu kali makan siang paling murah misalnya Kebab, sekitar 4-7 Euro. Aku tinggal di kota Cesena, provinsi Emilia-Romagna.

  14. Radhea
    Feb 15, 2012 @ 04:50:14

    Ups, region Emilia-Romagna dan provinsi Forli-Cesena

  15. fauzia lestari
    Mar 05, 2013 @ 12:25:12

    sekolah itu tepatnya dikota mana? dan kenal gak sama yang namanya louise ellaro dan tristan ellaro?

  16. Radhea
    Dec 12, 2013 @ 16:07:57

    Sekolah itu letaknya tepatnya di kota Cesena. Aku engga kenal. πŸ™‚

  17. fauzia lestari
    Dec 26, 2013 @ 06:07:33

    Kalau sekolah SMA yang ada dirome itu nama sekolahnya apa aja? Boleh minta nama skype nya atau twitter nya gak dea?

  18. rismami.blogspot.com
    Oct 16, 2014 @ 09:43:37

    Halo, kak. Saya boleh tanya-tanya tidak? Saya sedang menulis novel yang bersetting di Sicilia πŸ™‚

  19. Thika Elvandari
    Oct 21, 2014 @ 12:45:52

    kak, boleh minta alamat e-mailnya mau tanya-tanya

  20. novaya
    Dec 27, 2015 @ 14:34:29

    Kak ,klo sma di italy itu pake kurikulum seperti apa? Apa seperti kukikulum 2013 di Indonesia ,soalnya keluarga aku ada rencana mau pindah ke italy 2017 nanti ,mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tulisan Dhea

Kategori Tulisan

My Posting Calendar

June 2011
M T W T F S S
« Apr   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
%d bloggers like this: